Rabu, 08 Juni 2011

10 Ikan Tercantik di Dunia

1. African Cichlids
African Cichilds
Ikan ini diucapkan sebagai "Sick-Lids". Ikan ini ditemukan di 3 danau di Afrika: Malawi,  Tanganyika, dan Victoria. Spesies yang ada di Danau Victoria jumlahnya kurang beragam dan kurang berwarna-warni dibandingkan dengan lainnya. Biasanya mereka tumbuh hingga 6-7 inchi, dengan pengecualian untuk Spesies Frontosoa, yg bisa tumbuh sampe 12-14 inchi. Ikan-ikan ini adalah ikan-ikan air tawar yg bisa dengan gampang dipiara di akuarium rumahan. Selain di Afrika, ada juga spesies ikan ini yg idup di perairan Amazon, tapi ukurannya lebih besar dan lebih agresif dari yang di Afrika. 

2. Parrotfish (Cestoscarus bicolor)
Parrotfish
Dinamakan demikian karena bentuk mulutnya yg mirip paruh burung. Ikan ini menggunakan mulutnya yg seperti paruh itu untuk memecah dan memakan invertebrata kecil yg hidup di daerah koral. Biasanya mereka akan memakan utuh bebatuan koral atau pasir-pasir laut lalu mengunyah invertebrata yang ada di dalamnya, lalu membuang sisa-sisanya.
Ikan yang berwarna-warni ini menggunakan cara yang tidak biasa untuk melindungi dirinya dalam menghadapi musuh-musuhnya. Utamanya di malam hari, ikan bayan melapisi seluruh tubuhnya dengan zat mirip agar-agar yang dihasilkan sendiri olehnya.

3. Regal Tang (Paracanthurus hepatus)
Regal Tang
Regal tang dikenal juga dengan blue tang, Blue surgeonfish, dan indo-pacific blue tang. ikan yang indah ini mudah dimiliki, mudah dipelihara, dan sangat menarik ketika kita melihatnya. ikan ini dapat ditemukan di indo-pacific mulai dari afrika timur sampai jepang dan berada pada kedalaman 10 - 40m dibawah permukaan laut. ikan ini memakan zooplankton. ikan yang tergolong dalam family Surgeonfish ini, yang memiliki pisau kecil dari zat kapur yang dapat disembunyikan di depan sirip ekornya. Pisau kecil ini digunakan terutama untuk sistem pertahanan dalam menghadapi predator.




4. Coral Beauty
Coral Beauty
Coral beauty adalah salah satu favorit dari genus Centropyge atau Pygmy angelfish species di dalam akuarium karena warnanya yang brillian, daya tahan yang tinggi, harganya murah dan banyak tersedia. ikan ini tidak agresif seperti ikan angelfish lainnya. coral beauty dapat ditemukan di indo-pacific dengan ukuran sampai 3.9 inci.
Ikan ini tergolong dalam Angelfish. Ikan-ikan ini bisa disimpan dalam aquarium rumahan dan dapat bertahan hidup dengan baik di dalam habitatnya (hardy). 





5. Flame Angel
Flame Angel

flame angel fish membutuhkan banyak air di dalam akuarium dengan banyak tempat persembunyian dan batu - batu untuk hidup. ikan ini dapat hidup dalam suhu antara 72-78F dengan pH 8.1-8.4 dan temperamennya bersifat agresif. ikan ini dapat beradaptasi dengan baik di akuarium, tetapi sebaiknya tetap gunakan sistem air di akuarium yang baik. Flame angel sangat sensitif untuk diangkat keluar akuarium.
Flame angel adalah ikan hermafrodit, sangat sulit sekali dikembangbiakkan di akuarium, dan tidak dapat dibedakan perbedaan warna dari jantan atau betina. 





6. Koi (Cyprinus carpio)
Ikan koi
Koi mempunyai tubuh dengan pola warna-warni yang indah serta gerak-gerik yang mengagumkan, yang menyebabkan penggemar koi di berbagai negara membentuk asosiasi penggemar ikan koi, dan sering melakukan lomba dan pameran untuk menampilkan ikan-ikan terbaik mereka, demikian pula di Indonesia. Itulah sebabnya, untuk menentukan klasifikasi koi, para penggemar koi membuat beberapa kriteria terhadap nilai atau predikat ikan yang baik. Ikan koi yang indah biasanya dinilai dari warnanya yang mencolok dan unik.
Ada banyak variasi warna dari ikan koi (sekitar 100an). Koi dapat memiliki warna oranye, merah, putih, keemasan, atau hitam. Beberapa penggemar koi rela membayar ribuan dolar untuk seekor koi hanya untuk mencari pola warna koi yang langka.


7. Moorish Idol
Moorish Idol
Ikan ini tergolong sulit untuk dipelihara di Aquarium, dan juga sangat mahal harganya.Ikan yang terkenal karna sensitif dan memiliki rentang hidup yang pendek. ikan ini berasal dari Africa. Daya tarik yang menonjol dari ikan ini ialah warnanya yang contras antara hitam, putih dan kuning.Moorish idol lebih sering terlihat sendirian,dan mereka tergolong diurnal ke bagian bawah terumbu pada malam hari.
Moorish idol adalah petelur pelagis mereka melepaskan telur dan sperma dalam kolom air , lalu dibuahi saat telur hanyut dengan arus. 

8. Lionfish
Lionfish / Zebrafish
Ikan ini disebut juga Zebrafish. Tulang belakangnya itu memiliki racun yang sangat menyakitkan dan cukup efektif. Orang yang memeliharanya pastinya harus hati-hati kalau mau membersihkan aquariumnya.

Pertumbuhan ikan jenis Lion fish warna marun merebak di perairan Karibia, bahkan sampai menggeser spesies ikan asli setempat. Ikan berduri bernama lionfish atau yang biasa dikenal dengan sebutan ikan singa ini kerap menyengat para penyelam. Habitat asli ikan ini adalah berasal dari lautan tropis Hindia dan Pasifik. Diduga mereka melarikan diri dari tanki ikan Florida dan menyebar ke Kuba, hingga kepulauan Cayman, yang merupakan tujuan utama para penyelam.

9. Pompadour Discus (Symphosodon aequifaciata)


http://listverse.files.wordpress.com/2008/08/pompadour-discus-tm.jpg
Ikan discus

Ikan Diskus sangat menarik dan mengambil perhatian khusus para pecinta ikan hias diseluruh dunia. Discus bersifat tenang dan damai, ikan ini sangat elegan penuh inspirasi, apresiasi dan dedikasi tidak seperti ikan hias yang lainnya. Ikan Discus banyak disukai karena waarna, bentuk dan bearing yang megah sering dianggap sebagai puncak kenikmatan dari memelihara ikan.
Discus Symphosodon disebut juga 'Pompadour Fish' telah diketahui sejak abad terakhir dan diperkenalkan pada tahun 1840 oleh Dr. Johan Jacob Heckel. Discus pertamakali di-impor ke Amerika Serikat dan Eropa pada tahun 1930 dan 1940. Discus termasuk golongan ikan karnivora dan umumnya memakan segala jenis makanan hidup seperti udang beku atau bloodworms (caing merah), cacing putih dan hati daging sapi. Discus juga suka makanan berbentuk pelet, meskipun discus karnivora mereka juga memakan vegetasi dalam jumlah sedikit.


Sekarang ini Discus yang tersedia adalah varietas dari hasil breading dan mereka banyak berbeda dengan Discus yang terdapat di alam liar. Walaupun demikian pemijahan Discus membutuhkan qualitas air yang baik, aquarium yang besar, dan biaya yang mahal dibanding ikan tropical lainnya.  Ikan ini merupakan spesies ikan air tawar yg mungkin merupakan ikan air tawar yang paling cantik. Harganya juga mahal banget: anakan yg panjangnya 3 inchi berkisar antara $50-$80.


10. Mandarinfish (Synchiropus splendidus)

Mandarinfish
Ikan mandarin (Synchiropus splendidus) adalah ikan kecil berwarna cerah yang termasuk dalam familiadragonet, yang terkenal dalam bisnis akuarium air laut. Ikan mandarin berasal dari Samudera Pasifik, berkisar dari Kepulauan Ryukyu hingga Australia.
Ikan mandarin memiliki tubuh yang panjang dan 2 sirip punggung. Panjang ikan ini mencapai sekitar 6 cm. Ikan mandarin memiliki garis-garis warna hijau, jingga, dan kuning, dengan warna biru menyelimuti sekujur tubuhnya. Ikan mandarin biasa makan krustasea kecil dan hewan invertebrata lainnya.
Ada 2 varietas dari spesies ini: Mandarinfish standar dan Psychedelic Mandarin. Yang standar biasanya memiliki pola dan warna yang lebih bagus dibanding Psychedelic. Harganya lebih dari $20 per ekor, tapi yang jadi masalah adalah makanannya. 




0 komentar:

Posting Komentar

silakan berkomentar, blog saya adalah blog "dofollow"; saya respon komentarnya..

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | JCPenney Coupons